Sunday, September 14, 2014

Bincang Santai

Menghabiskan hari minggu dirumah bukan lah hal yang jarang terjadi. Dan minggu ini setelah beres-beres kamar, jemur baju, cuci piring dan melakukan tugas rumah layaknya perempuan sudah tuntas semua, masuklah aku ke dalam kamar dan nyalain laptop.

Niat nya ngerjain dan ngedit tugas, tapi karena internet lebih menggoda, akhirnya blogwalking ke beberapa blog yang ada di promo hari ini. Tapi sebagai penerus generasi Indonesia yang baik, ya sambil ngerjain tugas lah. Meskipun ga niat.

Postingan kali ini ga akan ada rima kayak biasa nya mungkin. Soal nya mau sedikit cerita kejadian hari ini. Biar sesekali ga sok puitis lah. Aku juga anak normal kalo ngomong biasa aja. Ini kenapa jadi jutek gini bahasa nya, maaf maaf ga ada maksud. Pikiran kalo penuh dan otak mau pecah emang gampang banget emosi. hhhhh.
                                                                                                                                          
Lanjut aja ya.

Dan ketika lagi enak baca-baca blog, tiba-tiba nada whatsapp bunyi. Karena jarak tab sama laptop jauh, awalnya males ngambil, tapi yaudalah ya rasa males emang harus di lawan.

Salah seorang komika Surabaya ngajak ketemuan siang ini. Setelah dzuhur lebih tepat nya.

Singkat cerita aku sudah ada di kafe tempat komunitas stand up comedy daerah ku openmic biasa nya. Kopibolodewe Sidoarjo.

Di sini cuma ada aku sama dua komika ternama Surabaya. Salah satu diantara mereka ada yang memang sudah aku anggap kayak Mas sendiri gitu. Bukan brotherzone. Pernah sekitar sebulan atau dua bulan lalu mereka ngajak ketemu, tapi bodohnya hp kedua nya mati dan ga bisa dihubungi. Batal. Dan akhirnya baru bisa sekarang ketemunya.

Karena beberapa kali openmic Sidoarjo mereka ga dateng dan aku juga jarang-hampir ga pernah dateng ke openmic Surabaya akhirnya silaturahmi lah kita di sini. Tanpa ada komunitas.

Sebenarnya ketemu secara private sama komika di luar komunitas bukan lah hal baru buat aku. Aku udah beberapa kali ketemu komika untuk sekedar makan, ngopi, atau dengerin mereka curhat. Aku salah seorang yang boleh di bilang good listener, pemberi kritik-saran yang tepat dan akurat (kata temen). Selain itu penyimpan rahasia yang aman, dan termasuk orang yang fleksibel. Apa ya, bisa nempatin diri sih. Jadi dengan siapa aku ngomong pasti ga akan ada awkward moment yang lebay. Untuk masalah bahasa obrolan juga bisa nyesuaiin, di postingan kayak gini dan ngomong sehari-hari ngomong bahasa Indonesia yang bener, tapi begitu ketemu atau ngobrol sama temen dari daerah Bekasi, Tangerang dan sekitarnya, aku cukup bisa nyesuaiin. Aku orang yang suka ngomong, lebih kearah diskusi gitu sih, that's why kalo ada yang mau ngajak diskusi so' atuh sama Princess juga boleh. (INI KENAPA MALAH JADI NARSIS CERITA DIRI SENDIRI SIH)

Oh iya, ada kah di sini salah satu diantara kalian yang komika? Yaudah cuma nanya aja kok. Semangat bikin materi ya. (Pertanyaan dengan jawaban kampret emang, ya gini kalo otak butuh di 'f5-in')

Balik ke tujuan tulisan ini diketik sudah sebanyak ini.
Percakapan kita bertiga awalnya absurd gatau arah nya kemana. Yang ada malah bahas permasalahan ku sama salah satu komika, dan akhirnya nyelsein masalah di acara Street Comedy Jatim Bali di Kafe Kelir Malang, Juni lalu.

Dan setelah ngomong ngalor-ngidul, akhirnya percakapan absurd pun berakhir ketika salah satu komika ini pamit pulang duluan karena dia bawa kunci kos nya Mas Dodit. Ya tinggal aku sama komika yang sudah aku anggep kayak Mas sendiri ini.

Daaaan, sujud syukur akhirnya kita cerita yang lebih serius. Tapi ga jauh dari stand up comedy dan komika.

Oh iya aku belum cerita aku ini siapa kok bisa kenal komika gitu ya. Jadi aku tergabung di komunitas stand up comedy Sidoarjo. Waaaah, komika? BUKAN. Aku sebatas supporter mereka, bantu ticketing pas ada stand up show, Bantu promo acara dan salah satu admin di komunitas ini. Aku menyatu sama komunitas ini sudah sekitar dua tahun lalu, sejak jaman Kemal bikin tour yang namanya Absurd Tour. Tapi pada waktu itu belum gabung secara resmi, cuma sering dateng pas openmic aja. Selagi itu kakak kelas ku jadi admin Kemalicious Sidoarjo. Ya berawal di ajak nonton show gratis, sering dateng buat support mereka; komika lokal. Jadi lah sekarang tergabung resmi.

Enak nya gabung komunitas ini pastinya jadi punya banyak teman dan kalau selera humor tiba-tiba hilang, guyonan mereka bisa jadi obatnya. Dan bisa ketemu sama komika nasional, bukan sekedar ketemu tapi saling mengenal. Ada beberapa komika nasional yang sudah aku kenal, itupun karena daerah mereka. Surabaya dan Bali. Ya bisa di tebak lah siapa aja komika yang asalnya dari daerah itu. Ga jarang juga ada yang cuma sebatas 'tau' tapi ga terlalu kenal.

Komunitas yang komika nya aku kenal ya cuma di Jatim, itupun cuma komunitas Surabaya sama Malang. Dan Bali. Iya aku cukup sering bolak-balik pergi ke Bali. Dan akhirnya kenal lah sama mereka. Pertama kali yang aku kenal di komunitas Bali secara akrab itu Liant. Aku kenal Liant itu sekitar tahun lalu waktu merantau di Bali, dia belum jadi finalis SUCI4. Kebetulan juga aku nonton SUN5BALI bulan Oktober tahun lalu. Dan Januari lalu, Liant di bawa Koh Ernest di tiga kota di Jatim; Malang-Sidoarjo-Surabaya, untuk jadi opener di #ILLUCINATI-tour. Bulan Mei lalu waktu aku liburan ke Bali, Liant nemenin makan siangku selama dua hari. Ga ketinggalan juga malem nya aku nyempetin waktu buat dateng ke openmic Bali. Wah jadi kangen sama Liant, lah ini malah curhat.

Aduh, sebenernya banyak banget yang mau ditulis tentang stand up comedy selama tahun 2014 ini. Mau review beberapa stand up show di kota ku. Tapi ya pelan-pelan lah pasti ke posting kok, nanti(nanti).

Balik tentang hari ini, Mas ku ini cerita seluk beluk tentang stand up comedy, tentang kehidupan komika itu gimana. Pokoknya komplit lah. Dan dia ini salah seorang yang berulang kali nyuruh aku supaya jadi komika perempuan. Sebelumnya ada Mas Arif; SUCI4, dan Mas Reggy; komika Malang yang setiap perform selalu pake Bahasa Inggris. Tapi Mas ku ini yang nyuruhnya bener-bener serius dan selalu nanya "kapan kamu naik openmic?"

Gaes, bikin materi itu susah.

Setelah dia cerita, yang ada dia malah ngasih aku motivasi supaya jadi komika. Tadi diajarin sedikit gimana cara bikin materi, di kasih tau struktur nya gimana. Sebenernya aku udah pernah dapet pelajaran ini dari Mas ku yang lain, tapi ya karena aku emang butuh ilmu banyak ya aku dengerin.

Sebenernya juga, emang udah ada niatan buat coba openmic sekali aja, karena belakangan kemarin bener-bener resah. Dan jumat kemarin pengen coba. Tapi karena mood tiba-tiba turun ya ga jadi. Karena Mas ini sering banget ngomong "sayang loh udah dua tahun tau dunia stand up comedy tapi ga nyoba" itu yang bikin terngiang di kepala.

Dan sekarang aku bakal nulis materi sesuai struktur yang ada. Sekali lagi, gaes bikin materi itu susah......kalo ga terbiasa. Tapi yang udah terbiasa pun kadang masih kesusahan kok.

Dan aku openmic pengen pake materi original yang aku buat. Aku gapengen pertama kali coba openmic kayak mereka yang mencoba peruntungan pertama kali juga tapi pake materi komika lain.

Gaes, kalo ada di antara kalian yang pengen coba openmic juga untuk pertama kalinya, please bikin materi sendiri jangan pake materi orang lain. Sekalipun materi komika yang jarang dikenal masyarakat. Jangan. Komunitas daerah kalian sudah hafal materi-materi para komika nasional maupun komika daerah lain, setidaknya antar-daerah pasti saling kenal. Selucu apapun materi yang kalian bawain pas openmic tapi kalo materi orang lain, mungkin awalnya komunitas negur secara halus. Tapi kalo keterusan yang ada mereka malah ga respect.

Itu sebabnya aku lagi proses nulis materi sendiri. Gampangnya dari pengalaman pribadi. Lucu ga lucu nomor sekian, namanya openmic kan nyoba materi. Yang penting keresahan bisa tersalurkan.

Oh ya, barusan dapet kabar dari grup whatsapp komunitas, kalo aku di tunjuk jadi PIC untuk stand up show yang akan datang dalam waktu dekat ini. Dan ini kali pertama jadi PIC event stand up show. Buat yang di Sidoarjo dan sekitarnya kalo udah kangen sama stand up show, tungguin ya. Bentar lagi ada show keren.
Doa-in supaya semua lancar ya, gaes. Dan doa-in juga supaya isi dalem otak ku mencair dengan sendirinya, penuh bikin otak mau pecah aja. *nangis mutiara*. Belakangan emang banyak banget pikiran, sampe otak ini rasanya ga bisa berfungsi dengan bener. Princess butuh di hibur. Eaa.

Dan yaaa semoga aja good mood menyertai hati dan  pikiran Princess selalu (untuk buat materi). Wish me luck, ya!

19 komentar:

  1. smoga event nya lancar , dan otaknya gak jadi pecah :D smangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Itu yang di harapkan. Iya semoga otak gajadi pecah, delay dulu lah sampe moment yang pas. *lohheh.

      Delete
  2. Wiiih keren ya bisa kenal komika-komika hebat. Terus bisa masuk ke dunia stand up. Ayo udah bbrapa tahun masuk dunia stand up sekali sekali coba open mic. Setidaknya kamu udah belajar banyak dari komika lain yg udah kamu liat.
    Semangat ya buat open mic nya. Kayak kata kamu, lucu itu nomor sekian. Yang terpenting adalah kamu berani mencoba. Goodluck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga semua kenal semua komika. Masih banyak yang lebih mengenal banyak komika ketimbanng akooh:(
      Iya ini masih proses bikin materi. Semoga saja. Cuma mau ngeluarin keresahan sih. Anw, thenkyooooo^^

      Delete
  3. keren nih, bisa kenal komika''. mulai yg nasional sampe yg msih regional''. tpi bner juga sih, knpa ga nyoba openmic. siapa au jdi keterusan gtu. hahha

    errr.... kyaknya lo emang sering promoin diri sendiri yak?

    klo gue pribadi, kyaknya blum mau nyoba hal kyak gitu. lebih nyaman, bkin ketawa ktika ngumpul' breng aja sih. blom siap mental. hahah. buat acara lo, sukses dah yak, smoga bisa cepet'' openmic, dan materi lo bisa sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga semua komika nasional sama komika regional kok. Cuma beberapa aja, itupun karna daerah mereka bisa kejangkau broh. Masih banyak yang lebih kenal banyak komika.

      Itu penting di jaman kayak gini broh. Lo kudu punya personal branding yg kuat. Elo juga boleh lah sekali kali coba, kalahin ketidaksiapan mental lo. lo harus biarin diri lo nyoba suatu hal belum pernah lo lakuin.
      Sip sip, thenkyoooo bro. abis gitu elo nyusul yak! Haha

      Delete
  4. masa ada princess mau stand up? wahahaha..
    semoga cepet openmic.. dan jangan lupa upload videonya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya ini akan ada sejarah seorang Princess coba stand up. Keren ya *benerin mahkota*
      Iya sip, thenkyooo. Kalo video ga janji yaaaa-_-

      Delete
  5. Wah, Giska..

    Gini banget ya, kamu. Pamer-pamer. Apa maksudnya cobak? Aku jadi pengen kan T_T

    Dulu aja pertama kali liat mas Arif secara langsung, dan juga, dia ngajak ngomong, rasanya senengggggg bangeetttt.. lah kamu, malah udah sama mas Liant, bahkan sejak beliau belum masuk SUCI4. Keren keren..

    Btw iya sih, bikin materi itu susah.. apalagi kalo, keresahan kita biasa disalurkan lewat media yang lain, bukan ke komedi. Makin susah lagi itu.. susah pekanya. Tapi apa pun, kalau beneran giat, akan bisa juga nantinya.. ya enggak?

    Jadi pengen nonton first perform kamu entar... beneran mau, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I hope so. Iya insyaAllah aku bakal naik kok hud, cuma belum tau kapan. Semoga dua minggu ini materi ku kelar. Semoga.

      Tapi open mic mu pertama kali itu mayan laaah. Cuma rada bego dikit aja pas kalimat apa sih yg "ga sadar di alam bawah sadar" pokoknya itu lah. Itu anak2 sampe bingung nangkep maksud mu. Well, pengusaha masjid emang juara!

      Hehe sorry, ga maksud bikin envy kook. Tapi kalo cuma sebatas mas arif kelewat sering ngobrol sama dia kalo ketemu hud. Dan iya emang mas arif orangnya baik, jadi ya gitu, humble. Mau nitip salam? Hahaha

      Delete
    2. Ah, semoga aku bisa nonton.. tapi kayaknya gak bisa kalo jumat -_- zzzz

      Aku jadi inget nih kan, ujung-ujungnya kangen-__- Iya itu kalo ga salah niatnya aku mau ngomong, 'Temenku yang bahkan alam bawah sadarnya aja udah enggak sadar.. bla bla bla' Tapi gak tahu deh model delivery ku kayak gimana xD

      Pengusaha Mesjid :|

      Iya iya iya, nitip salam nitip salam nitip salam! :D Dia masih inget enggak yah wkwk

      Delete
    3. Aduh hud kadang kalo aku nyeletuk pengusaha masjid itu pasti ada sanggahan, tentang delivery alam sadar mu yg ga jelas itu.
      Gilak itu bikin kita semua mikir keras hud. Pengetahuan kita kayaknya ga nutut sama pengetahuan mu. Gilak! *standing applause*

      Mas arif sekarang masih di jkt kayaknya, tar kalo dia udah pulang aja tak sampein. Kalo nyampein lewat chat line kurang berasa nanti.

      Delete
  6. Wahhh, iya setuju banget, bikin materi itu susahnya setengah mati. Dulu pernah nyobain dan akhirnya cuma satu punchline yang lucu, yang lainnya gariiiiiing, ahahaha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoook semangat coba lagi open mic! Jangan nyerah sekali bradeer\m/

      Delete
  7. Itu maksudnya mas dodit? Dodit mulyanto??? Giska kenal sama Liant suci4? Arif alfiansyah? Reggy hasibuan?? (Dia orang surabaya toh), abdur? Arie kriting? Ee.. Siapa lagi ya....raditya dika?? Pandji?? #halah

    Wah anak komunitas standUp ya.. Di kota ku komunitasnya masih gak jelas, padahal pengen banget gabung. Dulu sih mereka sering buat openmic tapi skarang gak tau deh. Akun komunitasnya udah banyak sarang laba2 gitu.. :|

    Iya bikin materi emang susah, kadang sih ada kemungkinan bikin materi yang sama dengan komika lain, tapi kata raditya dika kita harus terus menggali materi kita biar gak walaupun topiknya sama, jokenya lebih jauhhh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap dodit!
      Yakalo ga kenal liant mana mungkin makan siang bareng bro-___- mas arif sama dodit tergabung di komunitas Surabaya, tapi sering bincang2 ya sama mas arif. Arie, abdur, Reggy itu di komunitas Malang, susah di jangkau. Dan ga terlalu kenal, cuma sebatas tau. Tapi mas Reggy itu emang baik orangnya. Dia juga yg nyuruh aku naik jd komika cewe-_-

      Weh di kota apa? Sayang Bung!

      Nah itu! Bikin meres otak><

      Delete
  8. Lo sih enak bisa ketemu langsung sama orang-orang itu. Nah gue, cuma bisa lihat dari yutub doang. Lo tau abdur pastinya kan? Gue nggak perduli lo kenal apa tidak sama dia. Yang jelas, seandainya lo ketemu sama dia, tolong sampaikan salam gue untuk dia ya..yaa..yaa. Gue ngepens banget sama anak timur satu itu tuhh. Dia komika yang cerdas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Someday you will, bro!

      Siap Die! Tar kalo misal ketemu insyaAllah disalamin. Kayaknya emang suci4 pada banyak menetap di jkt nya. Lagi banyak job2an di sana kayaknya. Tapi insyaAllah disalamin kok.

      Delete
  9. Wah, komika ya. Saya malah susah kalau diminta cerita humor gitu. Orangnya enggak terlalu suka basa basi sih *maah curhat :p

    Semoga materi yang Giska cari segera ketemu dan semua event nya lancar ya. Jangan lupa bagi bagi angpau ke anak2 BE kalau sukses. Haha.

    ReplyDelete

© Untaian Kata Dalam Cerita, AllRightsReserved.