Saturday, September 20, 2014

#StandUpFest2014

Ini adalah draft sejak bulan Juni lalu. Dan akhirnya ada kesempatan untuk melanjutkannya di hari ini sambil mengisi kekosongan hari Sabtu, yeah. Ya gitu kalau mood hilang di tengah perjalanan nulis, semua tinggal di draft. Entah kapan di buka lagi, tau-tau udah beberapa bulan kemudian baru di buka. Dasar moody!

Sudah tiga bulan #StandupFest2014 berlalu, tapi sampai sekarang kalau aku lagi nganggur pasti buka youtube dan nonton ulang. Karena menurutku acara itu menarik. Selain bisa menikmati jokes dari banyak komika nasional, kita juga bisa tahu komika-komika dari daerah lain.

Well, the story begins..

Apa itu #StandupFest2014?

Menurut tweet nya Ernest, StandUpFest adalah acara hajatan nya Stand Up Indo dan Stand Up MetroTV. Jadi, di acara ini seluruh komika se-Indonesia berkumpul di Tennis indoor Senayan, Jakarta, untuk ber-stand up pastinya. Memang tidak semua komika, tapi setiap daerah pasti ada perwakilannya. Dan acara ini di bagi menjadi dua hari, Sabtu dan Minggu 14-15Juni.

Ngapain aja di #StandupFest2014?

Yang pasti di acara ini ga ada  pengajian, ga ada penampilan dari albanjari, dan ga ada doa bersama. Jadi tolong lah jangan mengira hajatannya seperti yang biasa dilakukan, ini hajatannya beda. Dan pasti nya semua komika disini berstand up. Lebih dari SERATUS komika yang tampil!!!!

Nah ini poster acaranya kapan lalu

Seperti yang kita lihat, di poster itu ada yang namanya kompetisi #StreetComedy4.

Apa Itu Kompetisi #StreetComedy4?

Kompetisi stand up comedy terbesar di Indonesia dan setiap regional daerah mengeluarkan beberapa komika yang akhirnya beradu di Jakarta.

Perwakilan Jawa Timur memang ada?

Yaampun segitu hopeless nya sama pulau sendiri. Jangan gitu lah... Jatim mengeluarkan empat komika. Ada Pakde Deddy Gigis & mas Ubed dari Stand Up Surabaya, mas Firman & mas Ahmed dari Stand Up Malang . Jadi bonek dan aremania akan beradu di daerah the jak...
Oke kita langsung saja ke pertanyaan berikutnya saudara, sebelum saya di bakar massa.

Sidoarjo Gak ikutan?

Ikut dong. Perwakilan dari Stand Up Sidoarjo ada Mas Miky dan mas Salim, tapi sayangnya Tuhan berkehendak lain. Sidoarjo gak lolos di babak playoff. Jadi mas Miky dan Salim kembali menjadi butiran debu. Hahaha, ampuni hamba yang kurang ajar ini Ya Allah.

Jadi sebelum mereka berperang di Jakarta, seluruh komunitas Stand Up di Indonesia beradu dulu di setiap wilayah untuk di ambil kurang lebih empat orang yang mewakili asal daerah nya itu. Kalau ga salah total finalis dari semua wilayah ada dua puluh empat orang.
Dan untuk wilayah Jawa Timur-Bali seluruh komunitas yang ada di Jawa Timur maupun Bali berjuang supaya lolos babak playoff, di Kafe Kelir Malang tanggal 30 Mei lalu. Dan juri nya ada Angga Prameswara dari Stand Up Surabaya, Reggy dari Stand Up Malang, dan yang terakhir Ge.

Jangan berpikir karena Juri nya dari Surabaya dan Malang akhirnya yang dilolosin ya dari komunitas mereka sendiri. No! Penilaian nya sendiri di nilai dari LPM; laugh per minutes, materi yang di sampaikan dan delivery nya ke audiens. Dan empat komika yang lolos itu memang cadas dan memiliki kompeten. Aku ga berhenti ketawa saat mereka berstandup.

Oh gitu? Ada komika nasional yang tampil? Ada Kemal ga? Ada Radit?

Astaga pertanyaan ini kenapa selalu muncul setiap ada acara stand up show sih. Segini dahsyat nya ketampanan mereka menggoyahkan mulut kalian untuk mempertanyakan hal ini:(
Komika nasional ya banyak! Kecuali Radit. Ntah lah mungkin hidupnya dia hanya untuk morganissa dan mas anca.

Princess berangkat ke Jakarta? Kok ga meyakinkan gini?

Astaghfirullah, suudzon nya loh... kok bener. Emang ga berangkat ke Jakarta kok, cuma live streaming dari dalam kamar lewat UseeTV. Dan masih bisa menikmati canda mereka tanpa buffering. Terimakasih UseeTV.

Perwakilan Jatim akhirnya menang ga?

Iya harus legowo dulu. Jatim memang belum menang. Tapi mereka sudah melakukan yang terbaik kok. "Terimakasih Stand up fest 2014 dan Street Comedy 4, telah memberi kami--komika lokal-- kesempatan mencicipi panggung Jakarta" kata salah satu komika dari Surabaya, Pakde Dedy Gigis -yang baru saja bikin stand up tour di beberapa kota, Good Father Tour.

Pertanyaan sudah ditutup, langsung saja mengenalkan beberapa komika yang sempat aku tonton dan memang beberapa Dari mereka yang pasti  nya di idolakan.

favorited! Pandji Pragiwaksono
lovable muehehe Aa' Gilang Bhaskara
lovable juga Ge Pamungkas. Juara pertama SUCI 2 KompasTV
dan Street Comedy season pertama
Ini mas Karjo dari Surabaya
komika juara dua nasional di Komedi Genre.
Arie Kriting juara tiga SUCI 3 KompasTV
Jui Purwoto Juara street comedy season pertama
komika berbahasa Inggris keren dari Malang
Reggy Hasibuan
Monggol Stres
Ini salah satu komika yang aku cari tahu sampe mention
ke Stand Up MetroTV, karena cakepnya minta ampun.
Tapi sudah punya pasangan brooo.
Arditya Taqwa dari Samarinda
Ini pakde Gigis dari Surabaya
Ini mas Ubed dari Surabaya. Banyak yang bilang
dia mirip alm. Dono warkop
Sammy Not A Slim Boy Ketua stand up indo
Adjis Doa Ibu Juara Street Comedy season pertama
Akbar juga dari Surabaya.
Runner up SUCI pertama KompasTV
Boris Bokir finalis SUCI 2 KompasTV
dan juara street comedy season pertama
Randhika Jamil finalis SUCI 2 KompasTV
Awwe. Comic MetroTV
Mosidik juga Comic MetroTV
favorited! Koh Ernest Prakasa
King of Absurd, Kemal Palevi
Bintang Bete Juara Street Comedy season 2
Akhirnya postingan ini tuntas juga. Lega jadinya. Sebenernya masih ada yang lain yang aku lihat, misalnya Muslim, Fico, vokalis Tangga: Kamga dan lain-lain. Tapi pada waktu di capture tiba-tiba error dan ga ke save. Jadi, adakah diantara komika diatas yang jadi favorite kalian? Atau kalian punya cerita sendiri tentang komika diatas atau stand up comedy lainnya?
Yuk ceritain..

32 komentar:

  1. Wah, keren nih pasti acaranya..
    Saya segera cari link nya di youtube :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sekalian cari liga kompas tv atau LKS Kompas TV aja. Itu kompetisinya baru di mulai. komunitas2 daerah gitu sih, tapi keren2 kok. Dari Surabaya, Malang, depok, jakbar, bandung keren:D

      Delete
    2. Dari Semarang atau Solo ada gak?? :D

      Delete
    3. seperti nya ada, tapi belum ngecek'-'

      Delete
    4. seperti nya ada, tapi belum ngecek'-'

      Delete
    5. seperti nya ada, tapi belum ngecek'-'

      Delete
  2. Gis kamu seneng banget ama stand up. kok pek bisa menganalisa gitu, dan pek tahu kalo sidoarjo g lolos. tahu cara penilai laugh per minute. Wah kamu emang keren banget. Kamu pernah open mic ta?
    Aku dulu di ITS pernah nyoba tapi gagal krik krik g ada yg ketawa, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeeee kang, waktu babak playoff jatim-bali aku ada disana. Nemenin pejuang dari komunitas sidoarjo lah.
      Belum pernah coba kang.
      Ayo coba lagiiiiiiiiiiiii. Kali aja pecah. Mangat

      Delete
    2. hahahaha, iya aku bakal memecah hati mu. haha

      kamu anak mana to? sidoarjo alun2 atau candi kah

      Delete
    3. Dhuuuuuuaaaar modyaaaaar!

      Alun-alun kang [biar jadi pusat perhatian] *abaikan. Ah gampang loh kalo mau main. Bisa meet up di mana aja asal masih kejangkau...

      Delete
  3. Ini acaranya udah jdi yah ? kirain tdi coming soon -_-

    Iya ya Radti skrg jarang banget nampil di Standup, sibuk bikin film tuh orang mungkin -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya udah kelar acara ny mah. yutub aja kalo pengen tau, tapi ya gitu udah ke cut sama pihak metro, jadi ga asik aja-.-

      Delete
  4. Wah, maaf ya.. Saya bingung komentar apa. Enggak terlalu update soal standup sih. Cuma ya, keren lah acaranya. Meski kadang materinya juga banyak yang agak samaan gitu ya. Itu adalah terobosan baru komika Indonesia. Profesi baru yang banyak diminati:D

    ReplyDelete
  5. wah anak stand up ni ye.
    sebagi penikmat, aku suka stand up.
    jadi penasaran sama acaranya.
    *brb yutub

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya yutub aja non,coba cari LKS atau liga kompastv. itu juga acara terbaru sih, duel antar komunitas stand up seindonesia gitu, tapi udah di saring siapa2 aja yg duel. cuma yg di yutub itu babak tahap seleksi dari semua komunitas. keren2 kok tapi.

      Delete
    2. Okey, streamingannya nungu midnight ehehe. Terus yang paling keren yang mana ya??

      Delete
  6. acaranya kereen , bang ficonya gak ada yah gis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok. cuma sayangnya ga kecapture aja. acaranya kan dari siang sampe malem, nah gamungkin lah streaming terus2an-___-

      Delete
  7. Well sebagian besar yg lu capture di atas komika favorit gue sih. Pandji, Ernest, Sammy, salah 3 diantaranya. Perwakilan Banjarmasin juga masuk babak final #StreetComedy4 sih, tp di Jakarta masih belum juara. Hehehe. Gpp yg pasti jadi pelajaran penting buat mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya, surabaya sama malang juga ga terlalu pecah di jakarta kok. sama aja. biasa, demam panggung jakarta sih kebanyakan. masih kaku.

      Delete
  8. Hahahaha. ya ini nih udah gue tonton semua. Di yutub sih. Ada fico yang absurd abis. Terus ada gilang bhaskara yang materinya keren abis. Dan juga ada mongol. Hahaha, parah abis bahasa mongol waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi. aa gilang mah emang ga ada dua nyaaaaaa. bintang bete sih ga berenti ketawa liat doi. padet banget. coba deh liat.

      Delete
  9. StandUp Fest pecah abis! Sayang kenapa mesti harus selalu di Jakarta? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karna kan stand up indo pusatnya disana, sebagai ibukota negara juga brooo. pengennya sih di surabaya, apalah daya tak sampai wkwk

      Delete
  10. Kirain kmunya k Jakarta Gis, twnya streaming. hihi.
    gk adaa radiith, iya mngkin dia sbuk ngurusin morganisa sama mas ancha. pdahal udh lma nggk lihat bg Radith stand up comedy.
    coba nyari di youtube jg ahh :D
    udh lma bnget jd draft y Gis. sama, aku jg moody.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahai, iya xD kirain pas baca sub judul beneran ke jekardah .-.
      yah, ilmu stand up nilam cetek banget .-. nggak begitu suka nonton, tapi bukan nggak suka juga sih, cuma emang jarang nonton .-.
      aku waktu itu diajak temen nonton langsung sih, tapi ada apa ya lupa jadi nggak bisa (-"-) hehe

      Delete
    2. Hehe maaf ya gaes mengecewakan. Sebenernya nonton lgsg di jkt sih bisa, berangkatnya yg ga bisa *nangis mutiara*

      Eh iya muth, cari aja di yutub. Keren kok. Yang aku capture ini yang mayan2 lah hehe.

      Waduh, di ajak liat langsung kok malah lupa lam? Ga inget juga nonton siapa waktu itu? Kok bisa.....-_-

      Delete
  11. niat banget nge capturein foto sebanyak itu. itu kan dari video yaa ?
    terus kenapa semua gambarnya sizenya pada stretch semua hehehe.
    kalo jalan2 ke Malang kita wajib bersua nih ya seriussss....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh itu live video streaming sih. Stretch? Ga kayaknya, soalnya nonton nya di tablet hehe. Biar full screen gitu lah.
      Sip sip. Ntar kalo ke Malang pasti kabar2 kok. Mainlah ke sidoarjo juga. Dekeeeeeet.

      Delete
  12. Suka deh kalo ngebahas standUp gini... Pokoknya suka kalo ada yg nulis tentang standUp, suka sama yg nulis juga....*oke abaikan*

    StandUp fest emang hajatan besarnya para comic, pengen banget deh suatu hari nonton langsung, katanya sih acaranya gak cuma dalem gedung doang. Tapi diluar gedung juga ada panggung2 kecil dan ada comic yg standUp. Belom lagi comic2 yg jualan merchandise.

    Kalo comic suka banget sama Pandji Pragiwaksono, Raditya dika keren juga, notaslimboy, ernest. Aahh banyak deh. Mereka smua punya karakter masing-masing saat standUp. Haha.. (Eh itu perasaan Reggy Hasibuan dari standUpFest 2013 bajunya gak ganti2 deh -_-)

    ReplyDelete
  13. waah, aku juga suka liat stand up comedy apalagi kalau lagi stress...hahaha..jadi pingin cari di youtube ahh, asik asik gitu yang tampil..kebanyakan dari Kompas TV nyak

    ReplyDelete

© Untaian Kata Dalam Cerita, AllRightsReserved.